Tips Memasak Aneka Resep Kue Dengan Cara Mengukus

Tips Memasak Aneka Resep Kue Dengan Cara MengukusTips Memasak Aneka Resep Kue Dengan Cara Mengukus

Indonesia merupakan negara yang begitu kaya dengan sajian kue tradisional. Ada begitu banyak jenis kue tradisional yang sangat menarik. Bahannya begitu sederhana, selain itu cara pembuatan kue ini juga mudah. Salah satu teknik untuk membuat aneka resep kue dengan cara mengukus. Untuk bahan dasar, Anda bisa menggunakan Blueband. Blueband jenis cake & cookie adalah paduan sempurna butter dan margarine yang bisa memberi bau harum serta rasa yang sangat lembut. Blueband bisa menjadikan kreasi kue Anda menjadi semakin istimewa dan spesial.

Baca Juga : Koleksi Aneka Resep Kue Kering

Lantas, bagaimana tips mengenai mengukus kue yang tepat? Pertama, lapisi tutup panci menggunakan air bersih dan memanaskan panci kukusan. Uap air yang menetes bisa menjadi penyebab utama dari kegagalan kue. Hal tersebut dapat dihindari dengan melapisi tutup panci menggunakan kain bersih yang tebal. Dengan cara tersebut, uap air yang ada di bagian atas panci bisa tertahan di kain sehingga tidak akan ada yang menetes atau menganggu tekstur kue. Selain itu, Anda juga harus memanaskan panci yang telah diisi dengan air sebelum memulai mengukus. Karena, Anda memerlukan uap air dalam jumlah yang cukup besar untuk mematangkan kue. Proses dari memanaskan panci kukusan akan membentuk uap air, dan resiko kue menjadi bantet karena kurang panas dapat Anda minimalkan.

Kedua, pastikan jumlah air telah mencukupi. Kadang, karena kita ingin cepat-cepat mempraktekkan aneka resep membuat kue, kita menganggap remeh hal-hal kecil seperti jumlah air yang harus dipergunakan di panci pengukus. Anda tidak boleh membuka panci jika kue sudah mulai di kukus. Sehingga, alangkah lebih baik bila mempergunakan air dengan jumlah yang banyak. waktu yang diperlukan untuk memanaskan air memang lebih lama, namun Anda tidak akan cemas dengan resiko seperti kehabisan air padahal kue belum matang. Walaupun mempergunakan air dengan jumlah banyak, pastikan jika cipratan air tidak akan mengenai adonan kue.

Ketiga, hindari mengukus menggunakan api besar. Tips ini sering diabaikan saat membuat kue. Padahal, menggunakan kompor yang berukuran besar bisa membuat resiko kegagalan membuat kue juga menjadi semakin besar. Api besar bisa membuat kue terlihat bergelombang karena uap air panas yang tidak stabil. Pastikan mengecilkan api sesaat sebelum mengukus kue.

Keempat, hindari membuka serta menutup panci sebelum proses pengukusan selesai dilakukan. Pasti Anda tidak sabar melihat bagaimana tingkat kematangan dari adonan kue, sehingga Anda memutuskan membuka serta menutup panci saat sedang proses pengukusan. Lebih baik Anda tidak melakukan hal ini karena dapat membuat temperatur di dalam panci terganggu. Kue bisa gagal mengembang serta tekstur tidak seperti harapan Anda. setelah menyimak ulasan di atas, mungkin sekarang Anda akan menjadi lebih hati-hati saat membuat kue.

Biasanya, ketika kita membuat aneka resep kue kering, salah satu bahan yang tidak dilupakan adalah wijen. Sebenarnya ada berbagai macam kandungan yang dimiliki oleh wijen ini, seperti :

  • Memiliki kandungan zinc yang begitu baik untuk tulang dan kulit. Zinc adalah salah satu mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Bila tubuh mendapatkan asupan zinc dengan jumlah optimal, produksi kolagen di tubuh menjadi semakin stabil, selain itu kulit bisa menjadi lebih lembut serta halus,
  • Memiliki kandungan yang tinggi protein. Biji wijen ialah sumber protein nabati yang memiliki kandungan protein cukup tinggi hingga 4,7 gram protein. Oleh karena itu, biji wijen ini akan menjadi sumber protein yang baik.

Be the first to comment on "Tips Memasak Aneka Resep Kue Dengan Cara Mengukus"

Leave a Reply