Tips Belanja Online Secara Aman dan Terhindar dari Penipuan

3 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Bulu Pada Tubuh

3 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Bulu Pada Tubuh

Saat ini, berbelanja tidaklah serumit dulu. Cukup membuka situs jual beli online dan klik barang yang mau dibeli. Transfer uang dan tinggal tunggu barang datang. Namun karena penjual dan pembeli belum pernah bertatap muka, tidak semuanya bisa berjalan aman. Ada kalanya situs jual beli hanya meminta uang dan tidak memberikan barang. Berikut ini tips belanja online secara aman:

  • Cegah kebocoran informasi kartu kredit

Biasanya jual beli online dilakukan dengan kartu kredit sebagai media pembayarannya.  Nomor yang ada pada kartu kredit ini akan tetap dan tidak akan berubah kecuali pemiliknya sendiri yang menutup dan membuka kaun baru. Jika nomor kartu kredit ini bocor, bisa-bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Karena itu, periksa terlebih dahulu keamanan situs jual beli online yang akan digunakan bertransaksi. Laman yang aman umumnya terdapat gembok kecil yang ada pada pojok kanan atas URL bar. Jika pada alamat URL, ada tambahan huruf “s” misalnya https cenderung lebih aman dan terjamin kerahasiannya dibandingkan dengan laman yang berawalan http saja.

  • Teliti keamanan toko online

Sebaiknya lakukan pembelian di toko online atau situs jual beli yang aman dan sudah memiliki banyak pelanggan. Kalaupun masih baru, ada baiknya diperiksa terlebih dahulu keaslian dan keamanan dari toko online tersebut. Biasanya yang  toko atau situs jual beli online cenderung menampilkan alamat fisiknya atau nomot telepon yang bisa dihubungi. Tahap pertama hubungi nomor telepon tersebut dan tanyakan prosedur komplain dan pengembalian barang di toko tersebut.  Salah satu situs berbelanja online yang aman dan bisa dipercaya adalah telunjuk.com dimana ratusan penjual dan pembeli melakukan transaksi secara online.

  • Hindari menggunakan kartu debit

Menggunakan kartu debit lebih berbahaya dibandingkan kartu kredit. Kartu kredit merupakan kredit sementara yang dilakukan oleh pemiliknya sedangkan kartu debit akan langsung mengambil uang dari akun bank. Jika informasi mengenai kartu debit sampai bocor saat berbelanja online, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab akan sangat mudah mengambil uang dari bank anda.

  • Simpan salinan transaksi yang telah dilakukan

Ketika jual beli secara online, pasti ada salinan seperti bukti transaksi dan informasi barang yang dipesan. Sebaiknya bukti-bukti transaksi tersebut disimpan dengan baik sebelum barang benar-benar sampai di tangan. Agar suatu saat ketika ada permasalahan mengenai barang yang diterima, anda bisa mengajukan komplain dan meminta pertanggungjawaban.

Artikel Terkait : 3 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Bulu Pada Tubuh

Be the first to comment on "Tips Belanja Online Secara Aman dan Terhindar dari Penipuan"

Leave a Reply