Bagaimana Perkembangan Janin Trimester Pertama?

janin trimester pertama

Bagaimana Perkembangan Janin Trimester Pertama?

Bagaimana Perkembangan Janin Trimester Pertama?

Semangatin.com – Masa kehamilan merupakan masa yang membahagiakan untuk setiap calon bunda. Terlebih lagi di saat kehamilan pertama. Masa kehamilan menjadi hal yang baru dan mengejutkan setiap waktunya. Tahukah bunda tentang bagaimana perkembangan janin trimester pertama? Masa kehamilan terdiri dari 3 trimester. Trimester pertama merupakan awal dari masa kehamilan dimana janin yang semula masih dalam bentuk yang sangat kecil sedikit demi sedikit umbuh dan berkembang. Berikut penjelasan tentang pertumbuhan janin pada awal trimester pertama.

Janin trimester pertama berkembang mulai dari sistem organ, sistem saraf, dan juga sistem otak. Pada trimester ini, otak bayi berkembang dengan sangat cepat. Calon ibu bayi harus senantiasa berhati-hati dalam menjaga kandungannya. Mengapa? Karena kondisi keguguran sangat rentan terjadi pada trimester pertama. Dengan demikian, setiap calon ibu harus benar-benar menjaga janin dengan sangat hati-hati pada trimester pertama. Pada awal trimester pertama, ibu mengalami fertilisasi. Hal ini terjadi sekitar 2 minggu sekitar menstruasi. Sel telur akan dilepaskan kemudian nantinya akan dibuahi. Telur yang dibuahi kemudian akan menempel di dinding rahim dan kemudian akan membelah diri. Kemudian, ari-ari akan terbentuk untuk menyalurkan oksigen dan juga nutrisi dari ibu ke janin yang berada di kandungan.

Janin baru diketahui keberadaannya dalam waktu 2 minggu masa kehamilan dimana si ibu telah mengalami pembuahan. Pada bulan ke dua, embrio berkembang dengan sangat pesat dan organ penting di dalam tubuh pun telah terbentuk. Bayi akan memiliki panjang sekitar 2,5 cm pada akhir bulan kedua masa kehamilan. Memasuki bulan ketiga, janin akan menunjukkan kaki dan tangannya. Bahkan melalui USG, bayi sudah mulai bisa membuka mulut. Kondisi ibu pada trimester pertama ditandai dengan payudara yang mulai membesar dan produksi ASI telah disiapkan. Itulah pertumbuhan dan perkembangan janin trimester pertama. Bunda bisa mengonsumsi susu ibu hamil Lactamil untuk menjaga kandungan bunda agar tetap sehat dan janin di dalam kandungan pun akan tumbuh dengan pesat. Susu Lactamil merupakan susu yang pas dan cocok untuk ibu hamil.