Prospek Cerah Menjadi Dokter Hewan, Dibutuhkan dan Masih Langka

IPB (Institut Pertanian Bogor)IPB (Institut Pertanian Bogor)

Menjadi seorang dokter adalah profesi yang dianggap bergengsi dan menjadikan Anda aman dari segi finansial. Jurusan kedokteran cukup bisa menjamin bahwa setidaknya kehidupan Anda setelah selesai pendidikan akan sejahtera, karena dokter selalu dibutuhkan. Namun, menjadi dokter tak hanya terbatas untuk manusia saja, seperti Fakultas Kedokteran Hewan yang ada di IPB (Institut Pertanian Bogor).

Di Indonesia, dokter hewan sendiri masih cukup langka, dan belum mampu memenuhi kebutuhan dari banyak pemilik hewan piaraan tersebut maupun dari industri yang membutuhkannya. Padahal, kompetensi yang diajarkan di jurusan ini sangatlah bermanfaat, seperti:

  • Pengembangan dalam bidang ilmu anatomi hewan, fisiologi, farmakologi, pengetahuan tentang mekanisme di tubuh, rekayasa sistem, dll.
  • Semakin mengembangkan ilmu dan teknologi pada bidang klinik, kebidanan, reproduksi, patologi, serta farmasi hewan, meningkatkan kualitas kesehatan hewan dan manajemennya.

Mengingat kompetensi yang dikuasai oleh para lulusan dari Kedokteran Hewan seperti di Institut Pertanian Bogor, maka karir yang bisa dimiliki oleh Anda adalah:

  1. Membuka klinik hewan piaraan

Karir paling dikenal tentu saja adalah sebagai dokter hewan yang merawat hewan-hewan piaraan kesayangan banyak orang, melakukan vaksinasi, kecelakaan, pemeriksaan kesehatan, penitipan hewan, dll.

  1. Peternakan hewan

Tenaga medis selalu diperlukan di industri peternakan, apalagi untuk menghasilkan kualitas ternak yang sehat, produktif, dan mempunyai nilai tinggi.

  1. Dokter di pusat konservasi

Pada pusat konservasi hewan, Anda akan bertanggung jawab untuk memberikan vaksinasi, perawatan, pengobatan, dan mengamati apa saja yang diperlukan hewan-hewan tersebut.

  1. Pengamat satwa liar

Anda yang lebih suka berpetualang bisa menjadi pengamat satwa liar, dari perilaku, makanan, dan juga membantu dalam identifikasi spesies baru.

  1. Peneliti

Anda juga bisa menjadi peneliti yang berkutat dengan pakan ternak, perilaku hewan, dan pengembangan ilmu secara lebih lanjut.

Selain karir-karir di atas, Anda tentu saja juga bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada departemen yang berhubungan dengan hewan, seperti peternakan, atau menjadi pengajar di banyak institusi pendidikan. Terutama bagi Anda yang lulus dari universitas unggulan seperti IPB (Institut Pertanian Bogor), keahlian profesional Anda akan banyak diperebutkan oleh industri.

Be the first to comment on "Prospek Cerah Menjadi Dokter Hewan, Dibutuhkan dan Masih Langka"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*