Permainan Anak yang Mendidik Buatan Orangtua

Permainan Anak yang Mendidik Buatan Orangtua

Mudahnya akses anak-anak terhadap gawai di zaman sekarang yang serba modern ini merupakan salah satu di antara masalah bagi para orangtua. Selain membuat anak jadi tidak aktif bergerak dan berpikir, kecanduan terhadap internet dan game dapat berakibat butuk secara fisik maupun psikologis bagi si anak. Salah salu alternatif solusi yang bisa orangtua lakukan adalah menyediakn sendiri permainan yang mendidik di rumah-rumah.

Terdapat banyak contoh permainan yang bisa membantu anak mengembangkan aspek sosial, kecerdasan dan motoric mereka. Anak-anak dapat belajar dengan menggunakan berbagai pendekatan, sehingga ada baiknya apabila mengombinasikannya dengan materi yang mereka pelajari di sekolah. Selain menyenangkan, mereka juga tidak akan curiga kepada orangtuanya bahwa sebenarnya mereka sedang diajak belajar juga.

1. Berkirim Surat Alfabet

Saat anak memasuki usia bisa mulai belajar membaca, orangtua dapat menggunakan cara ini sehingga dapat membantu mereka menyusun kata dengan cara yang menyenangkan. Caranya cukup dengan menyiapkan amplop lucu dengan kartu-kartu alfabet, kemudian ajak anak untuk bertukar pesan dengan cara menyusun huruf-huruf yang tersedia kemudian memasukkannya ke dalam amplop tadi.

2. Membuat Papan Geometri

Permainan ini adalah permainan yang mudah, murah dan asik untuk dijadikan sarana belajar berbagai bentuk bangun. Caranya adalah dengan menyiapkan papan, pushpin (paku kertas) dan ditusuk dengan rapi dan sejajar di atasnya. Orangtua bisa mengajak anak mereka membuat aneka bentuk bangun dengan menggunakan pita yang dililitkan dari satu pushpin, ke pushpin yang lain.

3. Bermain Lego Kata

Lego merupakan salah satu permainan yang dapat digunakan untuk mendidik anak. Selain membantu anak dalam berkreasi membuat aneka bentuk, orangtua juga bisa meng- upgrade-nya menjadi lego kata. Caranya adalah tempelkan kata-kata yang berbeda di setiap potongan Lego dan biarkan anak menyusunnya menjadi kalimat yang utuh dan bisa dipahami.

4. Mencari Harta Karun

Permainan mencari harta karun ini akan merangsang gerak motorik anak. Orangtua bisa menyebarkan kartu alfabet di sekeliling rumah dan minta anak untuk mencari satu kata dengan menemukan huruf demi huruf yang bertebaran. Lebih baik lagi apabila anak diberi hadiah hadiah jika ia bisa menyelesaikan misinya dengan baik.

5. Eksperimen Air

Sangat banyak eksperimen yang bisa dilakukan dengan air. Mulai dari mengajari anak tentang teori air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah, sampai daya serap material-material yang ada di sekitar tempat tinggal. Orangtua juga bisa mengajaknya untuk melakukan hal-hal seru dengan membuat roket bertenaga air atau membuat aneka percobaan untuk melihat benda apa saja yang mengapung dan tenggelam di dalam air.

Selain mengajaknya bermain dengan permainan-permainan dalam rumah di atas, anak juga perlu beraktivitas di luar rumah sehingga perkembangan otaknya terangsang. Bisa dengan bercocok tanam di halaman belakang rumah atau memberi makan hewan peliharaan.

Banyak orangtua merasa kekurangan waktu untuk menyiapkan sendiri permainan-permainan seperti ini. Nah, sekarang ini sudah sangat banyak alat bermain yang mendidik yang dijual di pasaran, maka orangtua tinggal memilah yang terbaik sesuai dengan umur dan perkembangan psikologis dari sang anak.

Permainan mendidik untuk anak memang terkadang bisa diberikan melalui gawai. Tapi sangat perlu diperhatikan dampak negatifnya, karena gawai cenderung membuat anak kecanduan dan akhirnya kehilangan kemampuan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Jadi orangtua perlu membatasi waktu anak bermain dengan tablet-nya dan mulai memperbanyak kegiatan yang merangsang aktivitas seperti contoh-contoh permainan di atas.

Be the first to comment on "Permainan Anak yang Mendidik Buatan Orangtua"

Leave a Reply