Meriahnya Festival Bunga dan Buah Nusantara 2015

Festival Bunga dan Buah IPB

2015 menjadi salah satu tahun sibuk untuk IPB (Institut Pertanian Bogor) yang ditugaskan oleh Presiden RI, Joko Widodo untuk melaksanakan atau menggelar Festival Buah dan Bunga Nasional (FBBN) 2015. FBBN tersebut merupakan festival skala besar yang menghadirkan para pembeli nasional yang dilaksanakan selama 3 hari ini dihadiri juga oleh Presiden Jokowi.

FBBN 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 20-22 November 2015 dan berhasil menarik perhatian lebih dari 10 ribu pengunjung. Festival yang rencananya akan diselenggarakan lebih berkelas internasional di tahun depan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan dan membangkitkan komoditas buah dan bunga milik petani dan para pelaku usaha yang ada di nusantara sehingga masyarakat akan lebih menggunakan bunga dan buah dalam negri, penekanan impor buah dan dapat meningkatkan ekspor buah.

Festival Buah dan Bunga Nusantara 2015 yang diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor mengusung tema buah naga dan durian dalam talkshow dengan menghadirkan para ahli yaitu Muh. Naim Robi selaku ketua Asosiasi Petani Buah Naga Kaltim dan Ir. Syahril Said dari Yayasan Durian Nusantara. Dalam talkshow tersebut, fakta yang disampaikan Syahril yang menyebutkan jika Indonesia baru membudidayakan 15% durian dan berbeda dengan Thailand untuk budidaya buah durian yang mencapai 70% serta Malaysia dan Filipina sebesar 30%. Sedangkan untuk buah naga, buah tersebut lebih bagus tumbuh di Kalimantan Timur daripada di Jawa dan panen dilakukan di setiap bulan.

Festival yang pada pembukaannya dihadiri juga oleh Rini Soemarno (Mentri BUMN), Amran Sulaiman (Mentri Pertanian), Marwan Djafar (Mentri Transmigrasi dan PDT), Ahmad Heryawan dan Bima Arya selaku Gubernur Jawa Barat dan Walikota Bogor ini diikuti oleh 48 bupati yang melakukan ikrar bunga dan buah nusantara. FBBN 2015 yang diadakan di IPB (Institut Pertanian Bogor) yang menjadi Revolusi Orange, memiliki beberapa tujuan dan kegiatan. Diantaranya adalah:

  • Untuk merangsang, mendorong serta menumbuh kembangkan kewirausahaan mengenai buah nusantara pada diri mahasiswa dan generasi muda dengan adanya fruitpreneur got talent.
  • Kontes buah untuk mencari jenis serta varietas unggulan.
  • Karnaval sebagai kampanye pengembangan buah dan bunga.
  • Ekspo dan bursa buah.

Be the first to comment on "Meriahnya Festival Bunga dan Buah Nusantara 2015"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*