Kondisi Sektor Pertanian Di Indonesia

Berbagai negara di dunia pasti memiliki masalah di dalam menangani perekonomian masyarakatnya. Bagi negara – negara maju sedikit terlepas dari beban perekenomian masyarakatnya. Hal ini dikarenakan negara maju memiliki income yang cukup untuk berbagai kebutuhan di negaranya. Dengan biaya yang ada dan mencukupi kebutuhan segala kebutuhan negaranya, baik dari segi pembangunan, pendidikan dan kesehatan. Indonesia sebagai negara berkembang masih banyak hal yang perlu dibenahi untuk menjadikan indonesia sebagai negara maju termasuk di dalamnya sektor pertanian.

Pembangunan di indonesia sendiri dinilai masih kurang dan belum merata di seluruh penjuru tanah air. Kesejahteraan masyarakatnya pun tidak semuanya bisa menikmati kebutuhan yang layak dan memadai. Kenapa indonesia dalam kondisi seperti ini ? kesejahteraan penduduk suatu negara ditentukan oleh sektor – sektor negara sebagai penghasil bahan untuk mendapatkan income atau pemasukan negara. Salah satuya yaitu dari sektor pertanian indonesia.

Perekonomian dan pembangunan di indonesia perlu adanya pembenahan dan peningkatan. Salah satu cara yang tepat dan strategis untuk meningkatkan perekonomian dan pembangunan di indonesia yaitu dengan cara mengoptimalisasi sektor pertanian yang ada di indonesia. Kenapa harus sektor pertanian ? sedangkan di indonesia juga ada sektor yang lain untuk bisa meningkatkan ekonomi dan pembangunan nasional ? saat ini sektor pertanian di indonesia kurang mendapatkan penanganan dan perhatian secara serius oleh pemerintah. Sedangkan kebanyakan masyarakat indonesia memiliki mata pencaharian dalam sektor pertanian. Sektor pertanian meliputi beberapa cabang sektor diantaranya peternakan, tanaman pangan dan perkebunan.

Untuk mewujudkan peningkatan perekonomian dan pembangunan di indonesia berbagai hal dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pendapatan negara dari sektor pertanian. Beberapa program pertanian, penyediaan pupuk bersubsidi dan pelatihan – pelatihan terus ditingkatkan. Juga dilakukan pengajuan perizinan penanaman investasi di sektor pertanian. BKPM atau Badan koordinasi Penanaman Modal melaporkan adanya permohonan izin penanaman investasi pada sektor pertanian sebesar lima puluh enam koma tujuh puluh empat triliun rupiah dalam periode bulan oktober samapi dengan bulan juni ’15. Jumlah ini merupakan peningkatan daripada tahun sebelumnya.

Be the first to comment on "Kondisi Sektor Pertanian Di Indonesia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*