Jurusan-Jurusan Dengan Tingkat Minim Persaingan Di IPB

Jurusan-Jurusan Dengan Tingkat Minim Persaingan Di IPBJurusan-Jurusan Dengan Tingkat Minim Persaingan Di IPB

Ada banyak jurusan kuliah yang menjadi favorit banyak orang. Dari semua jurusan di bawah naungan Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, kemudian Hukum, Kedokteran, Psikologi, dan Ilmu Komputer. Meski berprospek bagus dan memiliki lapangan pekerjaan cukup banyak, lulusan di bidang tersebut juga tak kalah banyak, sehingga persaingan semakin ketat. Berbeda dengan beberapa jurusan yang jarang diketahui umum di IPB (Institut Pertanian Bogor).

Di Institut Pertanian Bogor sendiri, yang notabene adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, beberapa jurusan lebih populer daripada jurusan yang lainnya. Ini terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar untuk beberapa jurusan seperti Teknologi Pangan, Kedokteran Hewan, Agribisnis, dan tentu saja Ekonomi dan Manajemen. Namun tahukah Anda tentang jurusan-jurusan yang cenderung jarang peminatnya, meski mempunyai prospek yang sangat cerah karena selalu dibutuhkan?

Beberapa jurusan yang kadang tidak dilirik oleh para calon mahasiswa baru tersebut adalah jurusan-jurusan di bidang ini :

  1. Proteksi Tanaman

Ada di bawah Fakultas Pertanian, departemen ini mempelajari segala hal yang berurusan dengan berbagai masalah dan penyakit tanaman, seperti hama, gulma, identifikasi, dan cara mengobatinya. Lulusan dari sini banyak dicari oleh usaha-usaha di bidang agrokimia, agrobisnis, kementerian dan lain-lain.

  1. Ilmu Tanah

Masih di bawah Fakultas Pertanian, jurusan ini mempelajari tentang pengembangan ilmu serta teknologi tanah, akurasi dalam analisis tanah, tanaman, air, dan pupuk, rehabilitasi lahan kritis dan lain-lain. Lapangan pekerjaan tersedia di pertanian, pertambangan, agrokimia, dan lain-lain.

  1. Kehutanan

Banyak jurusan yang ada di bawah fakultas ini termasuk yang tidak terlalu populer bagi banyak calon mahasiswa. Di sini, Anda akan belajar tentang perencanaan hutan, mengelola konservasi dan ekowisata, memanfaatkan hasil hutan, dan lain-lain. Terdapat jurusan Silvikultur, yang berurusan dengan membina hutan, termasuk rehabilitasi lahan tambang.

Masih cukup banyak lagi jurusan yang belum banyak diketahui orang atau sedikit peminatnya di IPB (Institut Pertanian Bogor). Padahal, banyak lulusan dari jurusan-jurusan tersebut sebenarnya justru sangat diperlukan dan sulit didapat, terutama karena tak banyak orang yang tahu dan berminat. Jika Anda mendaftar di jurusan-jurusan tersebut, keuntungannya adalah saingan Anda akan lebih sedikit.

Be the first to comment on "Jurusan-Jurusan Dengan Tingkat Minim Persaingan Di IPB"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*