Apa Itu Pendidikan Anak Usia Dini ?

Apa Itu Pendidikan Anak Usia Dini ?Apa Itu Pendidikan Anak Usia Dini ?

Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini

Sebagian besar dari kita kiranya sudah mengenal istilah dari pendidikan anak usia dini atau yang juga bisa disebutnya sebagai pendidikan anak usia dini. Lalu apa sebenarnya pendidikan anak usia dini itu ? Untuk secara garis besar, pendidikan anak usia dini merupakan sebuah program pendidikan non formal yang diperuntukkan bagi anak-anak di jenjang usia 3 tahun sampai dengan 5 tahun. Pada masa anak di usia tersebut juga merupakan masa pra-sekolah. Oleh sebab itu, jenis pendidikan yang satu ini dilaksanakannya adalah oleh lembaga pendidikan anak usia dini, bukan lagi merupakan pendidikan kurikulum yang baku seperti pada tingkat Sekolah Dasar alias SD. Nah, lalu apa saja kegiatan yang dilakukan di pendidikan anak usia dini? Mengingat bahwa memang siswa di pendidikan anak usia dini adalah yang dalam rentang usia 3 sampai dengan 5 tahun yang tidaklah lain adalah masa dimana anak-anak sedang suka bermain, kegiatan yang diselenggarakan dalam pendidikan anak usia dini pun tidak lepas dari bermain juga. Namun tentunya ada nilai pembelajaran pasti yang disematkan. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa kegiatan yang dilakukan di pendidikan anak usia dini adalah kegiatan belajar sambil bermai.

Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini

Kegiatan-kegiatan bermain sambil belajar yang diterapkan juga pastinya memiliki tujuan yang tidak lain adalah untuk mengembangkan potensi anak sejak berada di usia dini. Dari tujuan tersebutlah bisa diambil kesimpulan juga bahwa fungsi dari adanya pendidikan anak usia dini mencakup fungsi adaptasi, fungsi pengembangan, fungsi bermain dan juga fungsi sosialisasi. Nah, membahas lebih jauh mengenai pendidikan anak usia dini yang ada di Indonesia ini sendiri, mengingat bahwa memang pendidikan ini sangatlah penting untuk diterima oleh setiap anak pada usia ini, maka pemenuhan hak tersebut dilakukan dengan adanya paling tidak pada setiap kelurahan di semua daerah di Indonesia terdapat 1 kelompok bimbingan pendidikan anak usia dini. Bisa berupa kelompok belajar, atau juga Taman Pendidikan Al-Quran, maupun sebuah kelompok pendidikan anak usia dini yang tergabung menjadi satu dengan Taman Kanak-Kanak dan juga Posyandu.

Peran Orang Tua Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Begitu pentingnya pendidikan anak usia dini untuk didapatkan oleh semua anak-anak, maka peran orang tua juga tidak kalah penting dalam membantu perkembangan anak. Pada sisi lain juga orang tua tidak boleh lepas perhatian terhadap perlindungan kesehatan si kecil. Apalagi kulit anak-anak yang cukup sensitif. Dalam hal merawat kesehatan kulit anak-anak ini, orang tua perlu untuk menyediakan kosmetika yang khusus untuk bayi dan anak-anak seperti Zwitsal yang telah terkenal menjadi brand produk kosmetika bayi dan anak-anak dengan bahan-bahan pembuatan alami juga tak ketinggalan adalah telah teruji hypo alergenic yang memberi kemungkinan sangat kecil kulit bayi ataupun anak-anak mengalami alergi.

Be the first to comment on "Apa Itu Pendidikan Anak Usia Dini ?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*