Analisa SWOT Bisnis Kue Kering Coklat

kue kering coklat

Berbisnis kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang paling banyak dilakukan di Indonesia. Berbeda dengan negara lainnya terutama di negara maju seperti Amerika dan Inggirs, Indonesia tidak memberlakukan ijin yang ketat kepada para pelaku bisnis kuliner. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah memulai untuk menjalankan bisnis kuliner. Namun para pelaku bisnis harus tetap diperhatikan kualitas dan keamanan produk yang dipasarkan karena Balai Pengawas Obat dan Makanan selalu melakukan inspeksi dan pemeriksaan terhadap makanan yang dijual di pasaran. Dan tentu saja di balik bisnis manakan yang dijalankan harus ada konsekuensi moral, tidak hanya sekedar mengejar keuntungan materi melainkan juga menjaga
kemanan dan kesehatan konsumen yang menikmatinya.
Salah satu bisnis makanan yang cukup diminati di Indonesia adalah bisnis kue kering coklat. Bisnis kue kering memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Sebelum Anda memutuskan untuk memulai berbisnis kue kering coklat, ada baiknya Anda melakukan analisa SWOT terlebih dahulu. Berikut ini kami sajikan contoh analisa SWOT yang bisa Anda gunakan sebagai panduan.
Strenght (Kekuatan)
Jika Anda punya keahlian untuk membuat varian kue kering coklat yang lezat dan unik Anda bisa menjadikannya sebagai kekuatan bisnis Anda. Misalnya Anda menyajikan kombinasi rasa yang khas dan tidak dimiliki oleh kue kering lainnya. Atau Anda mampu membuat bentuk kue kering yang lucu dan disukai anak-anak. Atau mungkin Anda punya resep khusus untuk membuat varian kue kering coklat yang lebih sehat dan bergizi. Beberapa contoh tersebut dapat menjadi kekuatan bisnis kue
kering Anda.
Weakness (Kelemahan)
Anda harus mampu menganalisa kelemahan Anda dan mencari solusi untuk mengatasinya atau Anda punya alternatif lain untuk menutupi kelemahan tersebut. Misalnya Anda tidak punya modal yang kuat, atau lokasi yang akan Anda jadikan tempat untuk berjualan kue kering coklat kurang strategis, dan sebagainya.
Opportunity (Peluang)
Untuk menganalisa peluang bisnis kue kering coklat Anda, Anda dapat meninjau lingkungan sekitar Anda serta target pasar yang hendak Anda sasar. Jika target pasar Anda cukup besar dan cukup menjanjikan dan Anda tidak memiliki saingan yang berat di lingkungan Anda, maka hal itu bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda
Treaty
Apakah Anda memiliki kompetitor? Bagaimana kondisi kompetitor tersebut? Jika kompetitor Anda telah memiliki reputasi yang baik dan cukup populer maka hal itu bisa menjadi ancaman yang cukup serius bagi bisnis Anda. Apalagi jika pangsa pasar yang Anda targetkan telah banyak yang menjadi pelanggan setia di kompetitor tersebut. Maka Anda harus memikirkan cara agar pangsa pasar tersebut beralih menjadi pelanggan Anda agar bisnis Anda tetap hidup.

Itulah beberapa pertimbangan yang dapat anda jadikan sebagai panduan untuk analisa SWOT jika Anda hendak menjalankan bisnis kue kering coklat. Keadaan yang Anda hadapi mungkin sedikit berbeda dari contoh panduan yang diberikan di atas. Oleh karena itu Anda harus menyesuaikan analisa SWOT bisnis Anda sesuai dengan keadaan Anda.
Mengapa analisa SWOT menjadi sangat penting? Sebab hal ini perlu Anda pertimbangkan matang- matang sebelum Anda terlanjur menceburkan diri pada bisnis tersebut. Karena memulai bisnis membutuhkan beberapa pertimbangan.
Apakah kekuatan yang ada pada Anda bisa diandalkan untuk memacu bisnis Anda? Apakah kelemahan yang Anda miliki dapat diatasi? Apakah peluang yang Anda peroleh dapat dimanfaatkan?
Dan apakah ancaman yang Anda temui dapat Anda hadapi? Semua pertanyaan-pertanyaan itu harus
Anda jawab terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memulai bisnis apapun termasuk bisnis kue kering coklat agar Anda tidak terjebak pada kerugian material dan waktu.

Be the first to comment on "Analisa SWOT Bisnis Kue Kering Coklat"

Leave a Reply